Cobalah Jaga Omongan

2/18/2015 , 0 Comments

Gue pernah dapet pengalaman, nyata, yang mana itu tentang kesembronoan gue dalam berbicara. Istilahnya asal "nyeplos", berikut bisa disimak.


Kisah Pertama
Suatu saat, gue kelas 3 SD. Ada salah satu temen -anak baru- yang gue lumayan nggak seneng sama kelakuannya. Walhasil tiap hari gue sengit sama dia, dan suatu saat ada kejadian dimana gue ejek-ejekan sama dia, mungkin begini ilustrasinya :
ceritanya ketika gue lagi becanda sama beberapa temen gue, biasalah gue dan dia saling sinis yang berujung pada tatapan yang kurang ngenakin, akhirnya dia (dan disusul gue) mulai nyolot;
"apa lo liat-liat"
"terserah gua dong"
"gua kaga seneng, apa lo"
"alah sok sangar aja lo"
"lo itu sok sangar"
"alah bacot aja lo"
(disinilah mulai panas dan mulai main sebut bapak)
"bapak lo tu bacot"
"bapak lo tu sok sangar"
"alah bapak lo kali, banyak omong aja"
(dan gue spontan nyebut)"bapak lo tu buta"


 *jedyarr.. mulai detik itu dia ngamuk abis, karena waktu itu lagi di kelas dan pas istirahat jadilah gue sama dia dorong-dorongan sampe jatoh dan beberapa kali bolak-balik posisi. Gue inget itu pas waktu sholat jadi pas gue udah beberapa kali ngegebuk (dan dia juga udah ngegebuk gue pastinya), gue langsung keluar kelas dan ngelencer dengan kalem ke masjid seakan nggak terjadi apa apa.

Belum habis disitu, setelah sholat ternyata gue dipanggil sama guru, dimarahin sana-sini. Ternyata selain berantemnya, omongan gue juga nyakitin dia yang berantem sama gue itu. Bapaknya dia emang bener-bener tuna netra dan gue tau itu, cuma entah sengaja atau enggak waktu itu jadi gue nyeplos gitu. Ya jelas lah dia marah besar kalo sampe nyakitin banget gitu.

Dan sampe detik ini gue kadang masih inget dan masih merasa bersalah. Dan berat banget mau minta maaf.


Kisah Kedua 
Suatu saat, malem hari di rumah lagi mati lampu (inget, rumah gue di Lampung, luar Jawa, jadi kerep banget mati lampu), beberapa lilin dihidupin dan salah satunya ditaro diatas TV Polytron jadul-mati yang ada di rumah (TV pertama yang ada di rumah gue tuh, lungsuran mbah gue). 

kira kira kayagini bentuk TVnya
Sekitar jam 11 listrik hidup dan terang lagi. Kebetulan lagi ada tante gue yang lagi main ke rumah, minta ke gue matiin lilinnya, gue manggil tante itu itu dengan sebutan "Mami" karena anak-anaknya manggil beliau "Mami";
"Aban, matiin lilinn yang di atas TV kek"
gue jawab "nggak mau ah, biarin aja"
"loh kan udah terang"
"iya, tapi males ah"
"nanti rumahnya kebakaran lho kalo gak dimatiin"
"biarin aja rumahnya kebakaran"
"huss jangan ngomong gitu lah"
percakapan pun berakhir tanpa gue matiin lilin itu

Dan nggak lama kemudian gue tidur, karena dan buat anak seusia gue waktu itu (kayanya kelas 5 SD), jam 11 lebih udah tergolong larut banget. Tau tau pas tidur gue mimpi kaya kena ledakan bom gitu, ternyata itu ada hubungannya sama kenyataan yang ada. Yap, TV meleduk!

Sekitar jam 2 dini hari TVnya kebakar dan meleduk gitu gara-gara lilin yang nggak gue matiin. Belum lagi TV jaman dulu ketebalan kacanya setebel daun pintu gitu, jadilah banyak banget kaca yang bertebaran di rumah, gue yang dibangunin spontan aja jalan di atas pecahan-pecahan kaca itu buat ngebantuin biar apinya kaga sampe mana-mana, gaktau kenapa kaki kerasa sakit baru pas gue bangun tidur paginya. Yaa, walaupun TV penuh kenangan musnah meleduk, masih alhamdulillah nggak sampe ngebakar rumah.

Nah itulah kira-kira pengalaman dimana gue nggak bisa jaga omongan. Yang pertama nyakitin perasaan orang lain, dan yang kedua ngebikin musibah gitu. Sampe sekarang gue inget banget kejadian itu, dan gue harap pembaca sekalian nggak ngalamin kejadian-kejadian serupa, dengan nyoba menjaga omongan pastinya.

0 komentar: