Memaknai Tahun Baru dengan Anti-Mainstream

1/01/2015 , 0 Comments



Lepas dari kontroversi keagamaan, yang jelas Tahun Baru itu checkpoint mayoritas manusia di dunia karena sistem penanggalan yang mereka anut. Jadi kita harus bisa memaknai Tahun Baru ini sebagai salah satu lembaran spesial di hidup kita.
ada banyak tipe orang yang memaknai Tahun Barunya, dan di tulisan ini gue mau coba bikin pemaknaan yang lebih sip dan pastinya anti-mainstream (y)



Ada orang yang memaknai Tahun Baru sebagai momen pesta-pesta, mereka bilang kita harus bahagia di momen pergantian tahun ini, dan caranya adalah ngumpul di tengah kota rame-rame. Beberapa detik sebelum pergantian tahun mereka countdown bareng. Dan setelah countdown selesai, mereka nyalain ratusan atau bahkan ribuan petasan/kembang api bareng bareng. Jedar - jeder, dengan meletupnya petasan itu tadi mereka bilang bahwa itu perlambang harapan akan tahun yang baik dan rasa syukur telah menjalankan satu tahun lagi dalam hidup.


Ada juga orang yang nggak peduli dengan keramaian, memilih ngendep di rumah menjalankan aktivitas kaya biasanya atau malah tidur lebih awal. Mereka bilang nggak ada gunanya "bakar-bakar uang", rame-rame juga nggak guna cuma bikin bising - berbuat nggak jelas doang, belum lagi momennya cuma yaa sekitar 15 menit. Dan terakhir mereka menambahkan dengan anggapan bahwa ngerayain rame rame itu bener-bener nggak ada gunanya dilihat dari manapun, anggapan menyenangkan cuma jadi alasan doang biar keliatan gaul bisa asik-asikan rame-rame..
nah. Sekarang memilih cara memaknai yang mana? atau pilih cara memaknai yang beda sendiri?
Bisa menghabiskan malam tahun baru dengan bakar-bakaran jagung, ayam, sosis, dan lain-lain (asal jangan bakar rumah aja :D) dengan keluarga-kerabat, ngobrol-ngobrol ringan disitu. Terus selesai bikin resolusi/rencana setahun kedepan bareng-bareng apa yang pengin dicapai. Besoknya, di hari libur, bukan males-malesan tapi bangun pagi bikin perencanaan yang mendetail harus ngapain aja setahun kedepan, kalau berani show ke orang-orang berarti bisa ditulis di kertas plano guede atau malah di status atau blog. Dan ya, dengan momen tahun baru semangat bertambah berlipat.


Sekarang bisa lihat lah ya yang mana yang baik, buat yang merasa udah ngelakuin yang kurang baik jangan khawatir... Nggak ada kata terlambat buat berubah jadi lebih baik.
Selamat tahun baru, selamat menciptakan makna baru dalam hidupmu.

0 komentar: