Ini Sekolahku...

11/23/2013 0 Comments



Sebelumnya gua belum pernah nyebut dengan jelas sekolah gua di posting-posting gua yg sebelumnya kan? Nah sekarang gua gak cuma bakal nyebut, tapi juga gua jabarin dengan sejelas-jelasnya. Silakan pantengin posting gua kali ini...

Logo, Nama, dan Alamat
Nama resmi sekolah gua : Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Karena rumit dan terlalu panjang, jadi biasanya cukup disebut Mu'allimin, Muin, atau M3in (baca : emgain).
Terletak di Jl. Let. Jen. S. Parman No. 68, Ketanggungan, Wirobrajan, Yogyakarta 55012. Sekitar 3 km dari nol kilometer (pusat kota Yogyakarta).

Kalo misalnya pembaca pengen berkunjung bakal susah jangan kuatir susah nyarinya, banyak banget kok orang (dan tukang becak maupun sopir taksi) yang tau sekolah ini cukup dengan nyebut Mu'allimin.



Penampakan

Setau gua, ini penampakan sekolah gua waktu jaman dulu

Foto jaman dulu (entah kapan, tahun berapa)



Salah satu foto terbaru, antara 2008 - 2013


Sejarah
Sekolah gua ini udah ada sejak 1920, nama pertamanya dulu Qismul Arqa. Pernah gonta-ganti nama beberapa kali pada jaman Belanda dulu. Pernah punya nama Hogere Moehammadijah (Sekolah Tinggi Muhammadiyah), Kweekschool Islam (Sekolah Guru Islam), sama Kweekschool Moehammadijah (Sekolah Guru Muhammadiyah) sebelum dari 1941 sampe sekarang namanya Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Dulunya sekolah ini gabung laki - perempuan --sekarang dipisah, yang laki-laki Mu'allimin yang perempuan Mu'allimaat.


Lebih jelas lagi
Sekolah gua ini digabung antara Madrasah Tsanawiyah (MTs; setingkat SMP) dengan Madrasah Aliyah (MA; setingkat SMA). Sekolah gua ini punya sistem wajib tinggal di asrama dan liburnya hari Jumat. Sekolah gua ini sekolah yang mengutamakan pendidikan keagamaan, nah karena berasrama + merupakan sekolah agama jadilah orang orang nyebut sekolah gua ini pondok pesantren. Walupun Mu'allimin ini basicnya sekolah agama, tapi tetep aja semua pelajaran umum masuk ke kurikulumnya. Ini yang mbikin gua bingung sebenernya sekolah gua ini pondok pesantren apa bukan o.O
Sisi belakang gedung utama
Bukti nyata kekompakan..
Salah satu acara internal



Gedung yang isinya lab dan kantor2 organisasi santri













Gerbang belakang yang konon angker banget

















Tuu, sekolah gua ada mini marketnya keren kan? keren kan??

Tadi gua bilang pelajarannya nggak cuma agama tapi juga pelajaran umum masuk semua, nah itulah salah satu kespesialan sekolah gua. Bener, pelajarannya banyak banget (antara 20 - 25 pelajaran, bayangin aja seberapa peningnya). Terus, sekolah gua ini muridnya cowok semua, gurunya juga (bwhahahah >,<). Kespesialan lainnya, sekolah gua liburnya Jumat. Elo2 pada yang sekolah di sekolah umum belom pernah ngrasain kan gimana rasanya libur Jumat dan Minggu masuk?? Brr bangetlah pokoknya. Masih ada lagi kespesialan selamjutnya, yaitu di sekolah gua nggak ada istilah libur di hari libur nasional yang bukan hari libur Islam. Jadi, waktu yang lain libur sini sekolah dan ketika yang lain sekolah sini libur. Terakhir nih, sampe saat ini gua baru tau satu sekolah dalam bentuk pesantren (atau yang semacamnya) tapi tempatnya di kota jaraknya cuma 3kilo dari pusat kota yang lumayan besar, yaitu sekolah gua ini lah. Kurang spesial apalagi coba sekolah gua ini hah??

Udah, cukup lah ya. Bagi yang masih penasaran dan masih pengen tau lebih jauh lagi tentang sekolah gua, coba aja deh klik link video profil sekolah gua --> Profil Muallimin Jogja


Cukup. Iya, dengan sekolah di Mu'allimin ini gua mesti ninggalin rumah, ninggalin keluarga, ninggalin zona nyaman, dan banyak yang harus gua tinggalin. Tapi dengan sekolah disini, gua dapet banyak banget hal-hal menarik yang ngewarnai hidup gua. Dan kalo ditanya pernah kepikiran mau balik kerumah teus pindah ke sekolah yang deket2 dengan rumah apa enggak, gua selalu njawab : Enggak, udah terlanjur cinta Mu'allimin (:


0 komentar: