Idealis, Tapi Realistis dan Nggak Egois

10/17/2013 0 Comments


Idealis : Punya prinsip yang jelas.
Realistis : Sesuai kenyataan, sesuai kewajaran.
Egois : Mementingkan diri sendiri.


Menurut gua, orang yang mantep itu yang punya prinsip hidup yang jelas -atau dengan kata lain : nggak labil. Gini contohnya; ketika mbuat keputusan bisa konsisten, omongannya nggak dikhianatin sendiri, bukan sekedar 'pengekor', dan pastinya semua tindak-tanduknya dipikir bener-bener. Orang-orang yang sanggup berbuat demikian itu biasanya dihargai orang karena prinsipnya kuat, dan nggak mudah 'njilat ludah sendiri'. Orang yang kaya gitu itu bisa kita sebut dengan 'Idealis'


Tapi, biasanyaa 'idealis' itu bener-bener 'semau gue'. Mereka gak mikirin resiko (terutama resiko bagi orang lain), gak mikirin kalo yang mereka pinginin itu mustahil, dan juga gak peduli dengan orang lain; itu semua dilakuin ya demi prinsipnya itu tadi. Nah itu sedikit dari kelemahan orang2 yang terlalu idealis, tapi bukan berarti gua nganggep idealis itu gak bagus lhoya. Idealis itu tetep bagus bahkan bagus banget kaloooo....

Bisa Realistis
Oke2 punya prinsip yang jelas untuk mencapai sesuatu itu bagus, atau malah diharuskan untuk ada. Tapi suatu ketika waktu tujuan yang dipinginin itu keterlaluan, itu nggak baik. Lebih baik kita punya sesuatu yang kita pengen tapi yang kira-kira bisa dicapai aja, terus kita tegasin prinsip biar yang kita pengenin itu bisa terwujud. Yang jelas realistis itu perlu, biar 'kalo jatoh nggak terlalu sakit'.

Nggak Egois
Negasin keinginan setegas2nya dan gimana caranya biar keinginan itu bisa terwujud itu bagus, karena selain dengan cara kayak gitu nggak mungkin keinginan kita bisa tercapai. Tapi, kita juga harus nimbang2 situasi-kondisi dan juga keberadaan orang lain di sekitar kita biar mereka juga masih tetep bisa nerima dengan apa yang kita lakuin. Yang jelas kita jadi idealis gak cuma buat nyenengin diri sendiri tapi juga untuk dapet respect dari orang-orang di sekitar kita..


Yup, dengan kata lain jadi seorang idealis itu bagus (terutama untuk ndapetin respect dari orang lain) dengan syarat harus tetep realistis dan sebisa mungkin untuk nggak egois.

0 komentar: