Pesan Singkat untuk Kamu yang Disibukkan Banyak Urusan

Karena sepertinya setiap kru Milenialis punya banyak kesibukan, jadi pake ini aja fotonya :)


Untuk kamu yang harus mengurus keluarga

Untuk kamu yang luar biasa aktif sejak sekolah

Untuk kamu yang punya beban kuliah, sekaligus kerja

Untuk kamu yang aktif di kampus

Untuk kamu yang aktif di berbagai organisasi

Untuk kamu yang masuk ke beragam kepanitiaan

Untuk kamu yang rasa-rasanya ngga mau aktif tapi ditawarin orang melulu

Untuk kamu yang ngerasa ngurusin orang tapi ngga sempet ngurusin diri sendiri

Untuk kamu yang kerasa ngga punya hari libur

Untuk kamu yang merasa dikejar-kejar dari hari ke hari

Untuk kamu yang ada aja acara tiap weekend

Untuk kamu yang tertarik mencoba banyak hal

Untuk kamu aktivis jalanan

Untuk kamu aktivis di atas kertas maupun di dunia digital

Dan untuk kamu, anak muda yang selalu disibukkan banyak urusan


Ngga papa, ada di posisimu itu sama sekali ngga salah, kok. Selama kamu bisa menjalankan dengan baik, lanjutkan saja. Selama masih bisa membagi waktu, membelah diri, atau apapun itu namanya, lakukan saja. Sesekali keteteran, wajar. Sesekali merasa beban terlalu berat, pasti, karena kita semua punya batas. Kita juga anak muda yang punya keberanian sekaligus banyak kebimbangan. Yang jelas, seringkali perubahan baik datang dari sedikit orang seperti kamu, yang berani berbeda dan terus berbuat.

Mungkin ada yang bilang kamu sampai lupa mengurus diri. Tapi aku mau memberi pembelaan. Di usia muda, memang banyak yang harus kita kejar. Kalau kita punya banyak privilege, mungkin hidup kita bisa santai-santai, besok tinggal memanfaatkan harta dan jabatan orang tua lalu semua beres. Tapi kalau kita hidup dengan privilege yang ala kadarnya, ngga ada pilihan lain selain push beyond the limit. Beberapa kegiatan perlu kita relakan, nilai mungkin ngga bagus-bagus amat, hidup ngga benar-benar tertata, sampai urusan asmara yang ngga baik-baik saja. Ngga papa, perbaikan nasib memang perlu pengorbanan.

Untuk sementara, ngga usah peduliin dulu apa kata orang yang mempersoalkan sibuknya kamu. Jalani pilihanmu dengan sebaik-baiknya, paling-paling 5-6 tahun lagi masa muda kita juga habis. Ngga bisa lagi semua kita lakukan. Besok, kita bakal mikirin karir, keluarga, pajak, tetangga, yang bikin kita ngga bisa lagi sibuk di banyak tempat. You only live once, jadi nikmati aja waktu dan peranmu sekarang. Toh, apa yang kamu lakukan itu positif, kan?

Yang penting, semangat terus, jaga kesehatan. Frekuensi begadangnya agak dikurangi. Minum air putih yang banyak. Jaga pola makan. Kenali juga batas diri kamu--karena pada saatnya kita harus milih sebagian dari pilihan kita untuk dilepas, dan sebagian lain untuk didalami. Dan jangan lupa, sesekali main, cerita, makan enak, dan jalan-jalan :)

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer