Gengsi...

11/12/2013 , 0 Comments



Gengsi menurut KBBI berarti kehormatan dan pengaruh; harga diri; martabat. (FYI buat yang dusun banget, KBBI itu adalah Kamus Besar Bahasa Indonesia)
Tapi itu secara resmi. Gengsi itu tebagi jadi 2. Pertama gengsi dalam hal ngelakuin sesuatu dan yang kedua gengsi dalam hal penghargaan terhadap sesuatu.
Nah yang mau gua jabarin ini gengsi yg pertama tadi. Kalo menurut gua gengsi jenis pertama (selanjutnya bakal gua sebut gengsi aja biar gak ribet) itu sejenis malu yang bercampur dengan rasa sok wah, sok hebat, dan sok-sok yang laen yang menghalangi kita melakukan sesuatu karena kita merasa terlalu wah, terlalu hebat, dll dan gak level untuk ngelakuin sesuatu gitulah. (iya gak sih? bahasa gua ketinggian yak xD)


Gini, misalnya anakk kecil itu ngambil kue banyak2 kalo pas bertamu ke rumah orang lain dan kita juga pengen kaya gitu tapi kita ngurungin niat kita itu karena ngerasa nggak pantes. Kira-kira semacam itulah yg (kata orang-orang) namanya gengsi.. Daan, gua masih heran kenapa orang orang dewasa (atau minimal sok dewasa aja) yang gengsinya tinggi beud, kalo anak kecil gua rasa gengsinya nggak terlalu tinggi atau malah dikit banget deh..


Menurut pengamatan gua sampe sejauh ini, Gengsi agaknya punya peran menjaga kehormatan kita biar kita gak keliatan childish ketika kita udah bukan anak-anak lagi, biar nggak malu-maluin di depan umum, juga untuk nyadarin kita bahwa kita nggak pantes untuk ngelakuin sesuatu itu. 
Pokoknya menurut gua gini, nilai dari gengsi itu agaknya berbanding lurus dengan usia kita. Semakin bertambah umur kita, maka gengsinya juga bakal semakin gede.


Tapi, gengsi juga sering disalah-artiin dan di lebay2in. Misal ketika kita gak paham waktu pelajaran dan kita gak mau nanya2 tentang pelajaran ke guru dengan alesan gengsi. Satu lagi kalo misal ada 'something wrong' antara kita dgn orang lain dan kita gak berani ngomong duluan, minta maaf duluan dan biasanya alasannya gengsi. Itu salah ya, kalo gengsi yang terlalu semacam itu tadi justru bahaya buat kita. Salah satu imbasnya, nanti kita justru bakal punya perasaan inferior alias merasa gak mampu melakukan sesuatu kalo kita ga bisa ngatasin rasa gengsi yang wah kaya yang gua contohin itu.

Nah, untuk ngatasin rasa inferior itu sendiri susah banget karena butuh kemauan yang berlebih banget kesadaran diatas ambang batas dan harus pelan-pelaaaaaan banget ngilanginnya. Daripada musti susah-susah main2 sama rasa inferior itu tadi, mending cari aman aja deh; nggak usah kebanyakan gengsi. Karena (kadang) gengsi bikin mati.



0 komentar: